TUGAS SOFTSKILL PERUSAHAAN
Anggota Kelompok :
Aditya Gunawan
Denny Wanandy A.F
Henry Wijaya
Jihan Dellagea
Masayu Nabila Siti Aisyah
M. Saiful Kaafi
Rahma Mayadah
Fakultas Ekonomi
Universitas Gunadarma
TUGAS SOFTSKILL
NAMA
PERUSAHAAN : LET’S GO
COURIER
TANGGAL
BERDIRI : 17
NOVEMBER 2018
ALAMAT PERUSAHAAN : JL. GUNUNG JATI BLOK D34 NO 2
KELURAHAN CIMPAEUN , KECAMATAN TAPOS KOTA DEPOK
NOMOR TELEPON : 087722234757
JENIS USAHA : PERUSAHAAN JASA
WEBSITE : satuduatiga123@gmail.com
TENTANG PERUSAHAAN : perusahaan ini adalah salah satu
perusahaan ekspedisi yang fokus usahanya
adalah menawarkan jasa pengiriman paket yang biasanya berupa barang. Perusahaan
ini bisa melakukan pengiriman di dalam negri maupun luar negeri
VISI DAN
MISI
Visi :
·
Menjadi
perusahaan kurir atau ekspedisi yang terbaik diantara perusahaan kurir atau
ekspedisi yang lain.
·
Mengutamakan
kepuasan pelanggan .
·
Memberikan
pelayanan yang paling terbaik.
Misi :
·
Mengembangkan
kualitas serta layanan untuk kepuasaan serta kesetiaan para pelanggan.
·
Mengembangkan
usaha yang dapat dipercaya oleh masyarakat.
·
Menjaga
kesetiaan para pelanggan.
STRUKTUR ORGANISASI
PERKENALAN JASA YANG DIBERIKAN
Perusahaan Let’s go courier ini adalah salah satu
perusahaan ekspedisi atau bisa dibilang perusahaan jasa pengiriman . perusahaan
ini didirikan pada tahun 2018 yang didirikan oleh mr.x . perusahaan ini
menawarkan jasa pengiriman barang dengan cepat dan aman dengan harga yang
sangat terjangkau untuk masyarakat. Perusahaan ini juga melayani pengiriman di
dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu perusahaan ini juga mempunyai jasa
yang istimewa yaitu , buat para pelanggan yang malas untuk datang ke outlet kami
bisa menggunakan jasa istimewa kami yaitu jasa penjemputan barang , jadi
pelanggan hanya tinggal menelpon CS kami lalu CS kami nanti akan menanyakan
alamat penjemputan barang.
Perusahaan ini didirikan karena pada era saat ini
sudah banyak sekali pembelian maupun
penjualan barang secara online yang dimana para pelanggan sekarang tidak perlu datang
ke toko untuk membeli barang yang di inginkan. Oleh karena itu perusahaan kami
melihat akan peluang usaha yang sangat bagus kedepannya , disamping itu juga pada
saat itu masih sedikit sekali perusahaan pengiriman barang yang menawarkan jasa
yang cepat aman serta dengan harga yang terjangkau . maka dari itu lah di sini
perusahaan kami berusaha untuk memberikan layanan pengiriman barang yang cepat
aman dan dengan harga yang terjangkau.
PERENCANAAN
Perusahan dalam menjalankan usahanya yaitu usaha jasa
memerlukan tenaga kerja yang terlatih yang sesuai dengan kemampuan yang
dimiliki. Maka dari itu di perencanaan ini , perusahaan ingin merencakan
memiliki tenaga kerja yang professional. Disamping itu perusahaan juga tidak
mau salah dalam penempatan tenaga kerja , maka dari itu perencanaan tenaga
kerja ini sangat diperhatikan .
Dalam mendapatkan
tenaga kerja yang profesional di sini perusahaan juga menetapkan standar
pendidikan untuk para tenaga kerja. Manajer operasional , haruslah memiliki
pendidikan yang tinggi, sikap professional , serta pengalaman yang cukup .
bagian keuangan juga harus menempatkan tenaga kerja yang memiliki keahlian
dibidang akuntansi . sedangkan manajer marketing haruslah orang yang paham
tentang marketing perusahaan, untuk karyawan bagian kurir minimal memiliki
pendidikan lulusan SMA/SMK.
PENGORGANISASIAN
Di dalam organisasi perusahaan ini para manajer lah
yang akan mengatur bagian bagian yang ada di dalam perusahaan. Para manajer
nanti lah yang akan melakukan pengawasan terhadap kinerja para karyawannya .
sedangkan yang akan memberi tugas pada manajer adalah direktur , nanti
direkturlah yang akan memberikan rincian perkerjaan apa yang akan di kerjakan
oleh para manajer . untuk para manajer nanti lah yang akan membagi tugas yang
telah di berikan direktur kepada para karyawan.
PENGARAHAN
Pada fungsi pengarahan
ini para manajer diharapkan dapat mengarahkan para karyawan sehingga dapat
bekerja sesuai dengan bagian serta keahlian yang dia miliki. Dalam perusahaan
ini di harapkan para karyawan dapat melayani pelanggan dengan ramah , karena
perusahaan ini adalah perusahaan jasa , selain itu perusahaan ekspedisi ini
juga berkaitan dengan masyarakat sekitar. Jadi para karyawan harus diarahan
agar bisa ramah terhadap masyarakat maupun pelanggan. Selain itu para manajer
juga harus mengawasi langsung kegiatan operasional perusahaan dari pelanggan
pertama kali menaruh barangnya untuk dikirim sampai barang tersebut sampai ke
pada penerima. Jadi tiap tiap manajer harus bisa mengawasi masing masing
kegiatan para karyawannya agar para karyawan dapat berkerja secara efektif dan
efisien.
PENGENDALIAN
Perusahaan juga memiliki beberapa peraturan yang harus
di taati agar perusahaan dapat mengendalikan para manajer dan karyawannya
dengan baik. Salah satunya adalah bagian pengiriman barang yang mengantarkan
barang dilarang menerima ataupun meminta uang tip dari pelanggan , apabila
terlihat menerima maka akan dikenakan sanksi yang berat. Pengenaan sanksi yang
berat ini adalah salahsatu langkah yang diambil perusahaan agar dapat mengendalikan
para karyawannya .
Pengadaan SDM
1. Seleksi
Dalam prosedur seleksi
karyawan, berbagai macam metode dan alat seleksi dapat dipergunakan untuk
menemukan individu yang paling sesuai dengan tuntutan pekerjaan. Walaupun tidak
ada prosedur baku yang dapat dipakai untuk memilih karyawan, namun ada tahapan-tahapan
yang paling umum digunakan dalam proses seleksi yang mencakup:
a. Penyaringan pelamar
b. Pendahuluan
c. Pemerikasaan surat lamaran pekerjaan
d. Melaksanakan tes
e. Memeriksa referensi
f.
Melaksanakan
wawancara
g. Melaksanakan test kesehatan
2. training
Training yang dilakukan perusahaan
kepada calon karyawan akan diberikan training selama 1 bulan, untuk mengetahui
hal apa saja yang akan dilakukan di perusahaan ini.
Training yang dilakukan untuk kurir yaitu :
a. Cara membawa barang
Bagaimana cara kurir
tersebut membawa barang juga perlu diberitahukan. Sebab barang yang dibawa
adalah milik orang lain dan harus dijaga. Bagi seorang kurir, membawa barang
memiliki prosedurnya sendiri. Bagaimana kurir menerima barang dari customer dan
bagaiaman cara menyerahkannya. Pengambilan barang harus selalu disertai dengan
tanda bukti. Bagaimana cara membuat tanda buktinya dan juga aturan lainnya.
Apalagi jika kurir tersebut mempunyai sistem multidrop,
dimana hal itu memungkinkan kurir untuk membawa beberapa barang sekaligus dalam
satu kali pengiriman dan harus mengantarkannya ke beberapa tujuan. Pengambilan
dan pemberian barang haruslah jelas dan sesuai dengan prosedur yang benar.
b. Cara berkendara
Untuk menjadi seorang
kurir motor, bisa mengendarai motor saja tidak cukup. Ada perbedaan antara
mengendarai motor dengan membawa penumpang dengan membawa barang atau makanan.
Maka dari itu, cara berkendara seorang kurir pun harus disesuaikan. Ditambah lagi
jika jasa kurir tersebut mempunyai tas ataupun tempat khusus untuk membawa
barang bawaan. Posisi berkendara kurir akan berbeda dan membutuhkan
penyesuaian.
Banyak sekali jasa
kurir yang menekankan kecepatan pengiriman. Sehingga hal itu membuat kurir menjadi
tidak mengutamakan keselamatannya karena yang penting cepat sampainya. Justru
hal itu dapat berbahaya bagi kurir maupun barang yang dibawanya. Hal itulah
yang membuat kurir harus membawa barang tersebut dengan berkendara yang baik.
c. Greetings customer
Kurir adalah cerminan
dari perusahaan, maka dari itu citra dan reputasi perusahaan sangat bergantung
dari bagaimana sikap kurir tersebut saat menyapa pelanggannya. Misalnya dengan
memberikan senyuman dan menyapa dengan ramah dapat membuat orang lain menjadi
senang. Pelanggan yang senang pasti akan memberikan kesan dan pengalaman yang
baik terhadap perusahaan tersebut.
d. Penggunaan android
Penggunaan smartphone
sudah menjadi hal yang wajar bagi masyarakat Indonesia, termasuk dalam urusan
pekerjaan. Banyak juga driver online yang dalam pekerjaannya diharuskan untuk
memiliki handphone yang berbasis android. Sebab, program yang tersedia dalam
bentuk android merupakan cara bagaimana perushaaan itu dapat bekerja dengan
baik.
Kompensasi
Perusahaan tentu saja memberikan
kompensasi dan keuntungan lain kepada karyawan, tujuannya agar karyawan dapat
bekerja lebih giat karena mendapat balas jasa yang setimpal. Jenis kompensasi
yang diberikan yaitu kompensasi langsung yang berupa upah,gaji, ataupun
imbalan. Selain kompensasi langsung, perusahaan juga memberikan
keuntungan-keuntungan lain, seperti asuransi dan Jamsostek kepada karyawannya.
Kompensasi
yang baik akan memberi beberapa efek positif pada organisasi / perusahaan
sebagai berikut di bawah ini :
a.
Mendapatkan
karyawan berkualitas baik
b.
Memacu
pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi gemilang
c.
Mudah
dalam pelaksanaan administrasi aspek hukumnya
d.
Memikat
pelamar kerja berkualitas dari lowongan kerja yang ada
e.
Memiliki
keunggulan lebih dari pesaing / kompetitor
Pengintegrasian
Tujuan pengintegrasian adalah memanfaatkan karyawan agar
mereka bersedia bekerja keras dan berpartisipasi aktif dalam menunjang
tercapainya tujuan organisasi serta terpenuhinya kebutuhan karyawan. Dengan
tercapainya tujuan dari organisasi, perusahan akan mendapat laba yang besar dan
terpenuhinya kebutuhan karyawan dalam perusahan itu maka loyalitas karyawan
akan tercipta. Yang dilakukan perusahaan pada fungsi ini yaitu dengan
memberikan bonus kepada karyawan yang bisa melebihi target yang dicapai, sesuai
dengan kesepakatan awal pada kontrak kerja.
Pemeliharaan
Pemeliharaan yang baik dilakukan dengan program kesejahteraan
yang berdasarkan kebutuhan sebagian besar karyawan serta berpedoman kepada
internal dan eksternal konsistensi. Yang diberikan perusahaan pada karyawan
untuk pemeliharaan yaitu dengan memberikan asuransi kerja.
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
Pemberhentian (separation) adalah putusnya hubungan kerja
seseorang dari suatu perusahaan. Pemberhentian ini disebabkan oleh keinginan
karyawan, keinginan perusahaan, kontrak kerja berakhir, pensiun, dan
sebab-sebab lainnya. Perusahaan Let’sGo
Courier melakukan pemberhentian ketika karyawan tersebut sudah melanggar
peraturan yang sudah ditetapkan di perusahaan tersebut, apabila sudah melebihi
dari SP 3x maka secara tidak terhormat harus dikeluarkan, dikarenakan di let’s
go courier ini memiliki peraturan yang sangat ketat.
0 komentar:
Posting Komentar