TUGAS 4- Pengantar Bisnis

TUGAS 4
1.     Apa yang dimaksud dengan:
A.           Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain yang menunjukkan tinggi rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa, untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa. Harga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat bauran pemasaran/marketing mix (4P+ product,price,place,promotion).
B.    Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang akan dipasarkannya. Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasar. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikan angka penjual.
C.    Barang adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai yang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Barang juga didefinisikan sebagai suatu produk fisik yang berwujud yang dapat diberikan pada seorang pembeli yang melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pembeli.
2.  Jelaskan menurut sendiri mengapa masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen untuk membuat barang dan bagaimana pula pengaruh harga bagi konsumen dalam menetapkan pembelian ? min 50 kata
     Jawab:
·         Menurut saya masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen karena produsen memiliki prinsip ekonomi yaitu dengan cara menekan biaya produksi untuk menghasilkan barang produksi sesuai yang diharapkan diantaranya untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, menggunakan bahan mentah berkualitas tinggi dengan harga murah, memilih dan menetapkan barang yang akan diproduksi, produsen selalu mengusahakan agar hasil yang diproduksinya dibeli konsumen dengan harga terjangkau dengan mutu yang lebih baik dan berkualitas tinggi. Jadi , produsen menggunakan pendekatan harga yang strategis agar dapat mendukung tujuan bisnis.
·         Harga bagi konsumen yaitu sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Harga memang peranan penting terutama menyangkut dengan sejumlah barang tertentu yang mutu kualitasnya tidak jauh beda. Konsumen selalu ingin mendapatkan produk yang berkualitas sesuai dengan harga yang tepat karena harga yang tidak tepat akan berakibat tidak menarik bagi para pembeli untuk membeli barang tersebut. Penetapan harga jual barang yang ttetap tidak juga selalu berarti bahwa harga haruslah ditetapkan rendah atau serendah mungkin, walaupun banyak yang berpikiran kalau barang yang mempunyai nilai yang tinggi yaitu memiliki kualitas yang tinggi juga.
3.   ● Apa yang dimaksud dengan:
·         Pasar
Adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk memperjual belikan barang dan jasa,lokasi atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli tidak terbatas pada suatu tempat saja, tetapi dapat dilakukan disembarang tempat, seperti: diwarung,ditoko,dipinggir jalan dan lain-lainnya.
●Berikan contoh satu perusahaan yang menggunakan orientasi pasar?Jelaskaapa   manfaatnya bagi produsen dalam jangka panjang?
Jawab:
 Orientasi pasar merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan sejalan dengan meningkatnya pesaing global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dalam perusahaan menyadari bahwa mereka harus selalu dekat dengan pasar ,orientasi pasar dijadikan sebagai budaya bisnis yang mempunyai komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan. Hal ini akan mengakibatan terciptanya kinerja bisnis yang tinggi, nilai pelanggan yang superior, profitabilitas jangka panjang dan keunggulan daya saing perusahaan . contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah carrefour, lottemart, P.T astra honda. Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang yaitu mencapai keunggulan bersaing ,tujuannya perusahaan yaitu untuk membentuk dan menyempurnakan usaha bisnis dan produk perusahaan sehingga memenuhi target laba.

0 komentar:

Posting Komentar

Masayu Nabila. Diberdayakan oleh Blogger.

Gunadarma University