TUGAS 4
1. Apa yang dimaksud dengan:
A.
Harga adalah suatu nilai
tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain yang menunjukkan tinggi
rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa, untuk manfaat yang diperoleh
dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu
dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial
pada suatu produk barang atau jasa. Harga merupakan salah satu bagian yang
sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga adalah satu dari empat
bauran pemasaran/marketing mix (4P+ product,price,place,promotion).
B. Promosi adalah
suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau
pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk
barang atau jasa yang akan dipasarkannya. Promosi merupakan salah satu variable
marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan
pasar. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikan
angka penjual.
C. Barang adalah
suatu objek atau jasa yang memiliki nilai yang akan ditentukan karena barang
itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Barang juga
didefinisikan sebagai suatu produk fisik yang berwujud yang dapat diberikan
pada seorang pembeli yang melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke
pembeli.
2. Jelaskan menurut sendiri mengapa masalah harga
dapat memberikan dorongan bagi produsen untuk membuat barang dan bagaimana pula
pengaruh harga bagi konsumen dalam menetapkan pembelian ? min 50 kata
Jawab:
·
Menurut
saya masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen karena produsen
memiliki prinsip ekonomi yaitu dengan cara menekan biaya produksi untuk
menghasilkan barang produksi sesuai yang diharapkan diantaranya untuk
memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, menggunakan bahan mentah berkualitas
tinggi dengan harga murah, memilih dan menetapkan barang yang akan diproduksi,
produsen selalu mengusahakan agar hasil yang diproduksinya dibeli konsumen
dengan harga terjangkau dengan mutu yang lebih baik dan berkualitas tinggi. Jadi
, produsen menggunakan pendekatan harga yang strategis agar dapat mendukung
tujuan bisnis.
·
Harga bagi
konsumen yaitu sebagai nilai barang yang mampu memberikan manfaat untuk
memenuhi kebutuhannya. Harga memang peranan penting terutama menyangkut dengan
sejumlah barang tertentu yang mutu kualitasnya tidak jauh beda. Konsumen selalu
ingin mendapatkan produk yang berkualitas sesuai dengan harga yang tepat karena
harga yang tidak tepat akan berakibat tidak menarik bagi para pembeli untuk
membeli barang tersebut. Penetapan harga jual barang yang ttetap tidak juga
selalu berarti bahwa harga haruslah ditetapkan rendah atau serendah mungkin,
walaupun banyak yang berpikiran kalau barang yang mempunyai nilai yang tinggi
yaitu memiliki kualitas yang tinggi juga.
3. ● Apa yang dimaksud dengan:
· Pasar
Adalah
tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk memperjual belikan barang dan
jasa,lokasi atau tempat bertemunya antara penjual dan pembeli tidak terbatas
pada suatu tempat saja, tetapi dapat dilakukan disembarang tempat, seperti:
diwarung,ditoko,dipinggir jalan dan lain-lainnya.
●Berikan
contoh satu perusahaan yang menggunakan orientasi pasar?Jelaskaapa manfaatnya bagi produsen dalam jangka
panjang?
Jawab:
Orientasi pasar merupakan sesuatu yang penting
bagi perusahaan sejalan dengan meningkatnya pesaing global dan perubahan dalam
kebutuhan pelanggan dalam perusahaan menyadari bahwa mereka harus selalu dekat
dengan pasar ,orientasi pasar dijadikan sebagai budaya bisnis yang mempunyai
komitmen untuk terus berkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagi pelanggan. Hal
ini akan mengakibatan terciptanya kinerja bisnis yang tinggi, nilai pelanggan
yang superior, profitabilitas jangka panjang dan keunggulan daya saing
perusahaan . contoh perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah carrefour,
lottemart, P.T astra honda. Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang
yaitu mencapai keunggulan bersaing ,tujuannya perusahaan yaitu untuk membentuk
dan menyempurnakan usaha bisnis dan produk perusahaan sehingga memenuhi target
laba.
0 komentar:
Posting Komentar